Jumat, 04 Desember 2015

Makalah Sistem Manajemen Pesantren



SISTEM MANAJEMEN PESANTREN
MAKALAH
Disusun Guna Memenuhi Tugas
Mata kuliah : Manajemen Diniyah dan Pesantren
Dosen Pengampu : Dr. Fatah Syukur NC, M.Ag.


Disusun Oleh :

Romdonah      (1403036073)

FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO
SEMARANG
2015







I.                   PENDAHULUAN
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat pada era global ini terasa sekali pengaruhnya dalam berbagai bidang kehidupan masyarakat, khususnya dalam bidang pendidikan, sosial, dan budaya, termasuk dalam pendidikan pesantren.
Masyarakat yang tidak menghendaki keterbelakangan akibat perkembangan tersebut, perlu menanggapi serta menjawab tuntutan kemajuan tersebut secara sungguh-sungguh. Dalam rangka menghadapi tuntutan masyarakat lembaga pendidikan masyarakat termasuk pondok pesantren haruslah bersifat fungsional. Sebab lembaga pendidikan sebagai salah satu wadah dalam masyarakat bisa digunakan sebagai pintu gerbang dalam menghadapi tuntutan masyarakat, ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus mengalami perubahan.
Lembaga pesantren perlu mengadakan perubahan secara terus menerus seiring dengan perkembangannya tuntutan-tuntutan yang ada dalam masyarakat. Pengembangan Manajemen Pesantren merupakan salah satu solusi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas atau mutu pesantren. Manajemen mengawal dan memberikan arahan pada proses berjalannya sebuah lembaga pesantren dapat terpantau. Tidak berbeda dengan lembaga pendidikan lain seperti sekolah formal, pendidikan pesantren juga membutuhkan manajemen untuk mengembangkan atau memajukan sebuah pesantren.
Manajemen merupakan hal yang penting dalam pesantren karena untuk berjalan dengan optimalnya sebuah pesantren, berkembangnya pesantren, dan untuk kemajuan pesantren tersebut. Pesantren yang sistem manajemennya rendah atau bahkan tidak baik, bisa mengakibatkan mengurangnya daya guna sebuah pesantren.

II.                RUMUSAN MASALAH
1.      Apa pengertian manajemen pesantren?
2.      Apa unsur-unsur pesantren?
3.      Bagaimana budaya pesantren?
4.      Apa pentingnya manajemen pesantren?

III.             PEMBAHASAN
A.    PENGERTIAN MANAJEMEN PESANTREN
Kata manajemen berasal dari bahasa inggris yaitu management yang dikembangan dari kata to manage, yang artinya mengatur atau mengelola. Sedangkan secara terminologi manajemen menurut David (1976, h.2) yang dikutip oleh Made Pirdata terbagi kepada manjemen sebagai peranan dan manajemen sebagai tugas. Hal ini memberi jalan untuk membedakan kedua istilah itu. Manajeen sebagai peranan disebutkan sebagai administrasi, dan manajemen sebagai tugas adalah melaksanakan fungsi-fungsi manajemen. Apabila diambil definisi manajemen adalah bekerja dengan sekelompok orang untuk mencapai tujuan organisasi sengan pelaksanaan fungsi-fungsi (POAC).[1]
Siapapun mengerti bahwa aktifitas manajemen setiap lembaga/organisasi (termasuk pesantren) selalu berkaitan dengan usaha-usaha mengembangkan dan memimpin suatu kesatuan, dengan memanfaatkan sumber daya yang ada. Semuanya ini untuk mencaai tujuan tertentu dalam organisasi yang ditetapkan sebelumnya (pre determine objective).
Melihat keterkaitan itu maka tidaklah salah jika kemudian orang menyatakan bahwa manajemen sangan berkaitan erat dengan persoalan kepemimpinan. Karena manajemen sendiri jika dianut dari etimologinya yang berasaal dari sebuah kata manage atau manus (latin) yang berarti memimpin, menangani, mengatur, dan atau membimbing.[2]

B.     UNSUR-UNSUR PESANTREN
Pesantren merupakan suatu komunitas tersendiri, dimana kiai, ustadz, santri, dan pengurus pesantren hidup bersama dalam satu lingkungan pendidikan, berlandaskan nilai-nilai agama islam lengkap dengan norma-norma dan kebiasaan-kebiasaannya sendiri, yang secara eksklusif berbeda dengan masyarakat umum yang mengitarinya. Komunitas pesantren merupakan suatu keluarga besar dibawah asuhan seorang kiai atau ulama’ dan dibantu oleh beberapa ustadz.
Dengan demikian unsur-unsur pesantren adalah:
a.       Pelaku terdiri dari:
a)      Kiai yaitu, pengasuh pondok pesantren merupakan elemen yang sangat esensial bagi suatu pesantren
b)      Ustad yaitu, guru atau seseorang yang mengajar ilmu agama di pesantren.
c)      Santri,yaitu siswa atau murid yang belajar di pesantren. Pada umumnya santri terbagi menjadi dua kategori. Pertama, santri mukim, yaitu murid-murid yang berasal dari daerah yang jauh dan menetap di pesantren. Kedua, santri kalong, yaitu para siswa yang berasal dari desa disekitar pesantren. Mereka bolak-balik (nglajo) dari rumahnya sendiri. Para santri kalong berangkat ke pesantren ketika ada tugas belajar dan aktifitas pesantren lainnya.[3] dan
d)     Pengurus. Biasanya yang dijadikan sebagai pengurus dalam pondok pesantren adalah santri yang sudah lama tinggal dan belajar di pondok pesantren atau santri senior. Mereka bertugas mengurusi beberapa tanggung jawab atas santri dan kegiatan yang ada dalam agenda pondok pesantren atas intruksi kiai dan ustad.
b.      Sarana perangkat keras:
Misalnya masjid, rumah kiai, rumah ustad, pondok, gedung sekolah, gedung-gedung lain untuk pendidikan seperti perpustakaan, aula, kantor pengurus pesantren, kantor organisasi santri, keamanan, koperasi, gedung-gedung keterampilan, dll.
c.       Sarana perangkat lunak:kurikulum, buku-buku dan sumber belajar lainnya, cara belajar-mengajar (bandongan, sorogan, halaqah, dan menghafal), evaluasi belajar –mengajar.[4]



C.    BUDAYA PESANTREN
Ada banyak sekali pengertian mengenai budaya. A.L. Kroeber dan C.
Kluckhohn menghimpun sebanyak 160 lebih mengenai definisi kebudayaan
tersebut dalam buku mereka berjudul Culture, a Critical Review of Concepts
and Definitions.
Secara etimologis, Koentjaraningrat menyatakan bahwa kata budaya
berasal dari kata budhayah, bahasa Sanskerta, yang merupakan bentuk jamak
dari kata buddhi yang berarti budi atau akal. Dengan demikian, kebudayaan dapat dikatakan “hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal.”[5] Karena ia
berkaitan dengan budi dan akal manusia, maka skupnya pun menjadi demikian
luas. Koentjaraningrat kemudian menyatakan bahwa kebudayaan
paling sedikit mempunyai tiga wujud, yaitu:
1. Wujud kebudayaan sebagai suatu kompleks dari ide-ide, gagasan, nilainilai,
norma peraturan dan sebagainya.
2. Wujud kebudayaan sebagai suatu kompleks aktivitas, kelakuan berpola
dari manusia dalam masyarakat.
3. Wujud kebudayaan sebagai benda-benda hasil karya manusia.
Berdasarkan pengertian tentang budaya yang demikian, maka setiap
individu, komunitas dan masyarakat melalui kreasinya pun bisa menciptakan
sebuah budaya tertentu Ketika kreasi yang diciptakan itu kemudian secara
berulang, bahkan kemudian menjadi kesepakatan kolektif maka pada saat itu
kreasi itu telah menjelma menjadi sebuah budaya. Salah satu komunitas yang
mampu membentuk budaya yang khas adalah pesantren.

Karakteristik utama budaya pesantren diantaranya :
1.      Modeling
Modeling disini dalam ajaran Islam bisa diidentikkan dengan uswatun hasanah atau sunnah hasanah yakni contoh yang ideal yang selayaknya atau seharusnya diikuti dalam komunitas ini. Tidak menyimpang dari ajaran dasar Islam, modeling dalam dunia pesantren agaknya lebih diartikan sebagai tasyabbuh.
2.      Cultural resistance
Mempertahankan budaya dan tetap bersandar pada ajaran dasar Islam adalah budaya pesantren yang sudah berkembang berabad-abad. Sikap ini tidak lain merupakan konsekuensi logis dari modeling. Disayangkan bahwa hampir belum ada ilmuwan yang memusatkan perhatian pada dua aspek ini secara proporsional. Konsepsi ini bahkan sering disalahpahami oleh sarjana-sarjana barat seperti penghampiran mereka yang lebih memusatkan perhatian pada sinkretisme Islam atau uga studi yang lebih menekankan wajah Hindu-Budha sebagai induk budaya Jawa sementara Islam dipandang sebagai anak budaya.
3.      Budaya Keilmuwan yang tinggi
Dunia pesantren senantiasa identik dengan ilmu. Definisi pesantren itu sendiri selalu mengacu pada proses pembelajaran dengan komponen-komponen pendidikan yang mencakup pendidik, santri, murid, serta fasilitas tempat belajar mengajar.[6]

D.    PENTINGNYA MANAJEMEN PESANTREN
Ada beberapa alasan mendasar mengapa inovasi pendidikan pesantren terasa urgen dan mendesak untuk dilakukan. Dalam kaitan ini, Sudirman Tebba, seorang peneliti pesantren mengemukakan alasannya :
a.       Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan, dakwah dan sosial dirasakan oleh banyak pihak memiliki potensi yang besar untuk memberikan sumbangan pemikirann dalam bidang pendidikan dan pengembangan masyarakat.
b.      Jumlah pesantren potensial terbukti telah melaksanaakan usaha kreatif yang bersifat rintisan.
c.       Usaha ini perlu dikembangkan sambil terus melakukan upaya pembenahan terhadap masalah utama yang dihadapi pesantren, baik yang bersifat internal maupun eksternal. [7]




IV.             KESIMPULAN
Manajemen Pesantren merupakan pengelolaan dari sebuah lembaga pondok pesantren.
Unsur Pondok Pesantren meliputi: pelaku, perangkat keras, dan perangkat lunak.
Pelakunya adalah kiai, ustad atau ustadzah, santri dan pengurus
Perangkat keras, seperti masjid, rumah kiai atau ustadz, gedung yang digunakan untuk mengaji, pondok pesantren
Perangkat lunaknya seperti kurikulum yang terdapat dalam pesantren tersebut, cara belajar mengajar dalam pondok pesantren, buku-buku yang berkaitan dengan pembelajaran, kitab kuning, dan beberapa sumber yang dapat menunjang pembelajaran dalam pesantren.
 Budaya yang terdapat dalam pondok pesantren biasanya tidak lepas dari beberapa kebiasaan yang telah diajarkan oleh kiai atau ustadz. Sehingga apa yang diajarkan tersebut dilakukan secara terus menerus dan akhirnya menjadi sebuah kebudayaan atau kebiasaan tersendiri dalam pondok pesantren.
Pentingnya pesantren, sebenarnya sangatlah penting. Karena pelajaran yang diajarkan sangat bagus dan penting untuk kehidupan mendatang. Akan tetapi, tidak sedikit yang menganggap pembelajaran dalam pesantren itu dipandang sebelah mata. Maka, untuk mengantisipasi permasalahan tersebut pesantren haruslah juga mengejar ketertinggalan dengan memunculkan hal-hal baru yang dapat memberikan efek kepada pembelajaran sehingga pesantren tidak lagi dipandang sebelah mata.

V.                ANALISIS
Setelah kita mengetahui bagaimana sistem manajemen yang ada dalam pesantren,  kita masih perlu menganalisa agar kita mendapatkan pemahaman yang lebih mengenai sistem manajemen pesantren. Sudah dijelaskan pada pembahasan diatas bahwasanya sistem manajemen pesantren terangkum dalam sub-sub pembahasan. Terdapat beberapa cultur atau budaya pesantren dan menjelaskan tentang bagaimana pentingnya sistem manajemen pada pesantren. Di era reformasi hingga sekarang, kita juga harus mengapresiasi kinerja pemerintah, bahwasannya pemerintah telah mendukung sepenuhnya bagi pendidikan pesantren di Indonesia. Dimana ruang gerak pondok pesantren tidak dibatasi, dan bahkan telah berkembang menjadi pondok pesantren yang modern, dengan memberikan porsi yang seimbang antara ilmu agama dan ilmu pengetahuan umum. Namun dengan demikian, suatu pesantren tidak akan begitu saja menghilangkan budaya-budaya pesantren. Bahkan cultur tersebut akan terus menjadi sebuah kebudayaan dalam pesantren sekalipun pesantren tersebut telah menjadi pesantren modern. Baik dalam sistem pembelajarannya maupun dari cover bangunan dan fassilitasnya.         

VI.             PENUTUP
Demikian makalah ini dibuat, semoga dapat memberikan manfaat kepada pembaca pada umumnya, dan dapat memberikan suatu pemahaman kepada pemakalah secara khususnya. Sekian apabila ada kesalahan atau kekurangan dalam penulisan makalah ini, kritik dan saran yang membangun sangat dibutuhkan. Dari pemakalah minta maaf atas kekurangan yang ada dan atas perhatian pembaca pemakalah mengucapkan terima kasih.




[2] Halim dkk, Manajemen Pesantren, (Yogyakarta:PT Lkis Pelangi Aksara, 2005) hal:70-71
[3] Amin Haedari, Masa Depan Pesantren, (Jakarta : IRD PRESS, 2004) Hal: 35
[4] Pemberdayaan Pesantren,(Yogyakarta:PT LKiS PELANGI AKSARA YOGYAKARTA, 2005) hal:3-4
[5] Koentjaraningrat, Kebudayaan, Mentalitet dan Pembangunan, (Jakarta: Gramedia, 1976), hal:19
[6] Abdurrahman Mas’ud dkk, Dinamika Pesantren dan Madrasah, (Yogyakarta:Kerjasama antara Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang dengan PUSTAKA PELAJAR (Anggota IKAPI), 2002). Hal:26-32
[7] Abdurrahman Mas’ud dkk, Dinamika Pesantren dan Madrasah, (Yogyakarta:Kerjasama antara Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang dengan PUSTAKA PELAJAR (Anggota IKAPI), 2002). Hal: 61
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar