Rabu, 30 Desember 2015

Laporan Observasi Lembaga PAUD



LAPORAN OBSERVASI
OBSERVASI KELEMBAGAAN PAUD

Disusun guna memenuhi tugas
Mata kuliah: Manajemen PAUD
Dosen Pengampu: Drs. H. Muslam, M.Ag., M.Pd.

Disusun Oleh:
Romdonah      : 1403036073


FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG
2015


LEMBAR PENGESAHAN

Observasi benar-benar dilaksanakan oleh:

Nama                           : Romdonah
NIM                            : 1403036073
Lokasi                         : TK Tunjung Sari Peron Limbangan Kendal
Judul observasi            : Observasi Kelembagaan PAUD
Waktu                                     : 5-12 Desember 2015


                                                                                                Limbangan, 12 Desember 2015
Kepala TK Tunjung Sari                                                                  Peneliti


Suhartinah, S. Pd.                                                                                         Romdonah    
                                                                                                            NIM. 1403036073      



DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL……………………………………………………………………     i
LEMBAR PENGESAHAN…………………………………………………………….      ii
DAFTAR ISI……………………………………………………………………………     iii
BAB    I           PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang…………………………………………………………..      1
B.     Fokus penelitian.………………………………………………………....     1
C.     Tujuan observasi…………………………………………………………      1
D.    Manfaat observasi……………………………………………………….      2
E.     Landasan Teori…………………………………………………….……       2

BAB    II         METODOLOGI PENELITIAN
A.  Subjek Penelitian………………………………………………………..      3
B.   Metode penelitian……………………………………………………….      3
C.   Instrumen penelitian…………………………………………………….      3

BAB    III        DATA OBSERVASI
A.  Profil TK………………………………………………………………..       4
B.  Jadwal Kegiatan TK…………………………………………………….      6
C.  Hasil wawancara …………………………………………………….…       6
D.  Struktur organisasi TK ……………………………………….…………      8
 BAB    IV        PENUTUP
A.    Kesimpulan……………………………………………………………..       9
B.     Saran……………………………………………………………………       9
LAMPIRAN

 

BAB I
PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang
   Taman kanak-kanak Tunjung Sari Peron Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal merupakan lembaga pendidikan  anak usia dini pada jalur pendidikan formal. TK Tunjung Sari berada dibawah Lembaga PKK, yang berdiri sejak tanggal 15 Juli 1983 yang awalnya peserta didik mereka hanya belajar dirumah Kepala Desa Peron tersebut. Penyelenggara Taman Kanak-kanak Tunjung sari dari awal adalah bapak Muhammad Mahrowi, Budianto, Titik Sulistiowati, Khunafak, dan Sugiono secara bergantian sesuai jabatan.
Setelah itu, di Desa tersebut terdapat bangunan “SD” yang sudah tidak terpakai lagi. Sehingga warga desa Peron merenovasi dan menggunakan alih bangunan tersebut karena tanah tersebut adalah milik desa Peron. Taman kanak-kanak Tunjung Sari bukan merupakan salah satu taman kanak- kanak yang ada di desa Peron Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal dengan menu pembelajaran yang mengacu pada kurikulum berbasis kopetensi dengan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan bermain sambil belajar.

2.      Fokus Penelitian
Penelitian yang penulis lakukan terfokus pada pembelajaran yang terdapat dalam TK Tunjung Sari meliputi pendahuluan sebelum pembelajaran, saat pembelajaran, dan kegiatan akhir pada proses pembelajaran
3.      Tujuan Observasi
Pengamatan yang penulis lakukan ini memiliki beberapa tujuan, tujuan tersebut antara lain:
a.       Untuk mengetahui keadaan fisik  TK Tunjung Sari
b.      Untuk mengetauhi operasional kegiatan di TK Tunjung Sari.
c.       Untuk mengetauhi kegiatan pembelajaran di TK TK Tunjung Sari
d.      Untuk mengetauhi Permainan yang ada di TK Tunjung Sari.
e.       Untuk mengetauhi struktur organisasi di TK Tunjung Sari.
f.       Untuk mengetauhi penyusunan rencana pembiayaan di TK Tunjung Sari
g.      Untuk mengetauhi pendaftaran calon peserta didik di TK Tunjung Sari
h.      Untuk mengetauhi penyiapan buku administrasi di TK Tunjung Sari
4.      Manfaat Observasi
Pengamatan yang penulis lakukan ini memiliki beberapa tujuan, tujuan tersebut antara lain:
a.       Dapat mengetahui keadaan fisik  TK Tunjung Sari
b.      Dapat mengetauhi operasional kegiatan di TK Tunjung Sari.
c.       Dapat mengetauhi kegiatan pembelajaran di TK TK Tunjung Sari
d.      Dapat mengetauhi Permainan yang ada di TK Tunjung Sari.
e.       Dapat mengetauhi struktur organisasi di TK Tunjung Sari.
f.     Dapat mengetauhi penyusunan rencana pembiayaan di TK Tunjung Sari
g.    Dapat mengetauhi pendaftaran calon peserta didik di TK Tunjung Sari
h.    Dapat mengetauhi penyiapan buku administrasi di TK Tunjung Sari

5.      Landasan Teori
Menurut (Suryadi:2011) manajemen PAUD adalah suatu upaya mengelola, mengatur, mengarahkan proses interaksi untuk mencapai tujuan pendidikan anak usia dini. [1]
Sedangkan manajemen sarana dan prasarana dalam pendidikan anak usia dini adalah pengelolaan secara efektif terhadap aset lembaga yang dimiliki. Beberapa bentuk aset tersebut adalah tanah, bangunan,lokasi pendirian, bentuk bangunan, perangkat pembalajaran, alat permainan edukatif baik indoor maupun outdoor.[2]
Set plan tampilan indoor maupun outdoor setidaknya guru dapat mengenali karakter design PAUD yang sesuai dengan dunia fantasi anak. Sebab dunia fantasi anak sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan kognitif anak, sosial, emosional, bahasa dan seni. [3]
























BAB II
METODOLOGI PENELITIAN

1.      Subjek Pengamatan
Subjek pengamatan ini adalah anak-anak,  pendidik, sekaligus kepala sekolah, gedung, alat peraga dan proses pembelajaran.

2.      Metode Pengamatan
Penulis menggunakan metode penelitian:
a.       Observasi yaitu untuk melihat keadaaan dan letak dari TK Tunjung Sari
b.      Wawancara yaitu untuk menggali informasi yang lebih mendalam mengenai fokus observasi
c.       Dokumentasi yaitu untuk mengumpulkan bukti-bukti yang jelas dalam melakukan observasi

3.      Instrumen Pengamatan
Instrumen yang digunakan adalah:
a.       Alat tulis (buku,bolpoin)
b.      Daftar pertanyaan
c.       Handphone (untuk dokumentasi)










BAB III
DATA OBSERVASI
1.      Profil TK
Nama TK           : TK Tunjung Sari
Lokasi                : Desa Peron Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal
Gedung              : Milik desa
Inventaris           : 3 buah papan tulis hitam
     6 almari buku
3 buah meja guru
13 buah meja siswa
1 papan pengumuman
   Buku panduan, pegangan guru, dan administrasi
   1 buah plorotan, 1 buah jungkat-jungkit
2 buah ayunan
1 buah bola dunia
Tenaga pengajar  : 3 orang guru, 1 orang kepala sekolah yang merangkap menjadi guru kelas.
Jumlah siswa       : 62 siswa
Dana Operasional: SPP wali murid
Semarang, 12 Desember 2015
                                                                Kepala TK



                                                                        Suhartinah, S.Pd
                                                                       
2.      Jadwal Kegiatan Pembelajaran
Berdasarkan observasi yang saya lakukan pada hari sabtu, 5 Desember 2015 dan hari Sabtu 12 Desember 2015, kegiatan pembelajaran di TK Tunjung Sari:
Hari/ Tanggal

No

Jam

Kegiatan

Ket

1
2
3
4

5
07.30-08.00
08.00-08.30
08.30-09.00
09.00-09.30

09.30-10.00
Pembukaan
Kegiatan inti
Jalan-jalan
Istirahat, bermain, makan, dan minum
Penutup
Kelompok   B
07.00-10.00

3.      Hasil Wawancara
Hasil wawancara yang didapat dalam observasi:
Narasumber: Siti Masamah, S. Pd.
a.       Bagaimana latar belakang berdirinya TK Tunjung Sari?
Latar belakang berdirinya TKTunjung Sari atas dasar kebutuhan masyrakat akan pendidikan, Taman kanak-kanak Tunjung Sari Peron Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal merupakan lembaga pendidikan  anak usia dini pada jalur pendidikan formal.

b.                              Mengapa  TK Tunjung Sari?
                        Pembangunan TK Tunjung Sari dilakukan secara bertahap, dimulai dari TK Tunjung Sari yang berada di rumah kepala desa . Kemudian karena minat masyarakat yang tinggi akhirnya disusul dengan pendirian TK Tunjung Sari dengan memanfaatkan gedung SD yang sudah tidak terpakai.
c.       Kapan didirikan TK Tunjung Sari?
. TK Tunjung Sari berada dibawah Lembaga PKK, yang berdiri sejak tanggal 15 Juli 1983
d.      Mengapa memilih tempat di pinggir jalan?
            Pemilihan tempat kurang diketahui namun jelasnya bahwa tempat tersebut asal mulanya dari tanah desa/ aset desa yang awalnya adalah gedung SD yang sekarang sudah tidak terpakai lagi.
e.       Bagaimana letak bangunan TK untuk mengantisipasi anak-anak dari ancaman kecelakaan?
              TK dibangun agak menjorok kedalam itu menjadi salah satu fungsi antisipasi kecelakaan anak-anak. Selain itu juga di beri pagar yang cukup tinggi dan kokoh.
f.       Bagaimana upaya dari guru sendiri untuk mengantisipasi?
              Dari pihak guru selalu mengawasi anak-anak secara intensif dan dibantu para orang tua yang mengantarkan anaknya dan guru mengodisikan kelas supaya anak-anak keluar dengan tertib.
g.      Apa yang membedakan bangunan TK dengan bangunan lembaga pendidikan lain?
              Perbedaanya terletak pada penghiasan lingkungannya tentunya dengan memperhatikan aspek pembelajaran. Contoh perangkat pembelajaran di luar ruangannya, ada plosotan, jungkat jungkit, ayunan, bola dunia, lukisan di dinding sekolah. Kemudian yang didalam kelas banyak tempelan tentang panca indra, binatang, buah-buahan, huruf, kemudian ada juga balok dan bola.
h.      Bagaimana cara mengelompokkan anak untuk menempati kelas?
Pengelompokan anak didasarkan pada usia mereka, pada saat penerimaan peserta didik baru guru mengarahkan kepada orangtua dari siswa, untuk anak yang sudah berusia 3,10 tahun sudah diperbolehkan masuk TK.
i.        Apakah tidak ada dana pembantu dari desa? Lantas sumber dana dari mana saja?
Tidak ada, dana yang diterima hanya dari spp atau iurang dari orang tua atau wali murid saja..
j.        Sementara ini pedoman ibu menngajar menggunakan kurikulum apa?
Kami sudah menggunakan kurikulum 2013 untuk acuan kegiatan belajar mengajar.
k.      Siapa saja yang pengelola TK Tunjung sari ini bu?
Pengelola di TK Tunjung Sari sesua dengan “siapa yang menjadi kepala desa”
Dari yang pertama itu, 1. Muhammad Nahrowi
                                                2. Budianto
                                                3. Titik Sulistiyowati
                                                4. Khunafak
                                                5. Sugiyono
l. Untuk pendaftaran TK membutuhkan persayaratan apa saja bu?
Persyaratan unuk mendaftar hanya memerlukan Akta kelahiran, Kartu Keluarga, dan umur siswa. Umur siswa minimal 3 tahun.


4.      Struktur organisasi TK Tunjung Sari
Jabatan
Organisasi yayasan
Nama
Ketua
Pembina
Sugiyono
Ketua umum
Pengurus
Suhartinah
Sekretaris umum
Pengurus
Siti Masamah
Bendahara umum
Pengurus
Susi Widiyayanti
Ketua
Pengawas
Khunafak


BAB IV
PENUTUP
1.      Kesimpulan
Dari observasi ini, dapat di simpulkan beberapa hal yaitu:
a.       TK Tunjung Sarimempunyai bangunan yang cukup luas sebagai arena bermain dan berkreasi anak-anak.
b.      Lingkungan kelas di TK Tunjung Sarijuga disiapkan sedemikian rupa sehingga dapat mendukung pencapaian dalam belajar mengajar.
c.       Penerapan kurikulum yang masih menggunakan kurikulum 2013
2.      Saran
Dari analisis observasi, penulis mempunyai saran untuk TK Tunjung SariPeron Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal
a.       Pengelolaan yang baik perlu untuk di tingkatkan lagi, agar tetap terjaga kualitas dan kuantitasnya.
b.      Lebih melengkapi fasilitas dan sarana prasarana pembelajaran sehingga bisa memperlancar dalam proses pembelajaran.
3.      Kata Penutup
Dengan mengucap syukur, akhirnya laporan hasil observasi di TK Tunjung Sari Kabupaten Kendal bisa terselesaikan dengan lancar meskipun banyak hal-hal yang kurang baik. Laporan hasil observasi ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi penulis yang nantinya akan penulis butuhkan dalam mempersiapkan diri menjadi seorang pengajar. Sebagai penutup dari laporan ini, penulis mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang sudah membantu dalam penyelesaian laporan ini.
Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan laporan observasi ini masih terdapat banyak sekali kesalahan dan kekurangan. Oleh karena itu, penulis minta maaf dan penulis mengharapkan kritik serta saran yang membangun.


[1]Suryadi, manajemen PAUD, (yogyakarta: pustaka, 2011) hlm. 67
[2]Suryadi, manajemen PAUD, (yogyakarta: pustaka pelajar, 2011) hlm. 176-182
[3]Suryadi, manajemen PAUD (TPA-KB-TK/RA): Mendirikan, Mengelola, dan Mengembangkan Pendidikan Anak Usia Dini, (yogyakarta: pustaka pelajar, 2011) hlm.210
 


Lampiran-Lampiran

KALENDER PENDIDIKAN
TAHUN AJARAN 2015/2016
Semester I
HARI
JULI 2015
TANGGAL
URAIAN KEGIATAN

5

AHAD

5
12
19
26

9-11
Hari pertama MOS Siswa Baru

SENIN

6
13
20
27

13-16
Libur sebelum 1 Syawal 1436 H

SELASA
7
14
21
28

17-18
Idul Fitri

RABU
1
8
15
22
29

20-25
Libur sesudah Idul Fitri

KAMIS
2
9
16
23
30

27-31
Hari belajar efektif

JUMAT
3
10
17
24
31 


SABTU
4
11
18
25




HARI
AGUSTUS 2015
TANGGAL
URAIAN KEGIATAN

18

AHAD

2
9
16
23
30
17
Hari Proklamasi

SENIN

3
10
17
24

HUT RI karnaval

SELASA

4
11
18
25

25
Rapat komite

RABU

5
12
19
26

IGTKI

KAMIS

6
13
20
27

29
Makan Bersama

JUMAT
7
14
21
28




SABTU
1
8
15
22
29





HARI
SEPTEMBER 2015
TANGGAL
URAIAN KEGIATAN

18

AHAD

6
13
20
27

10
Hari olahraga

SENIN
7
14
21
28

24
Idul Adha

SELASA
1
8
15
22
29


 IGTKI

RABU
2
9
16
23
30 

 29
 Makan bersama

KAMIS
3
10
17
24





JUMAT
4
11
18
25





SABTU
5
12
19
26






HARI
OKTOBER 2015
TANGGAL
URAIAN KEGIATAN

19

AHAD

4
11
18
25

1
Hari kesaktian pancasila

SENIN

5
12
19
26

14
Tahun baru hijriyah

SELASA

6
13
20
27

28
Hari sumpah pemuda

RABU
7
14
21
28

IGTKI

KAMIS
1
8
15
22
29

31
Makan bersama

JUMAT
2
9
16
23
30




SABTU
3
10
17
24
31 





HARI
NOVEMBER 2015
TANGGAL
URAIAN KEGIATAN

19

AHAD
 1
8
15
22
29
10
Hari Pahlawan

SENIN
 2
9
16
23
30

IGTKI

SELASA
 3
10
17
24

 28
Makan Bersama 

RABU
 4
11
18
25




KAMIS
 5
12
19
26




JUMAT
6 
13
20
27




SABTU
7
14
21
28





HARI
DESEMBER 2015
TANGGAL
URAIAN KEGIATAN

14

AHAD

6
13
20
27

IGTKI

SENIN
7
14
21
28

12
Makan bersama

SELASA
1
8
15
22
29

 19
Penyerahan raport 

RABU
2
9
16
23
30

 23
 Maulid Nabi 

KAMIS
3
10
17
24
 31

25-26
Natal dan cuti bersama 

JUMAT
4
11
18
25


21-31 
 Libur akhir semester

SABTU
5
12
19
26





















HARI
JANUARI 2016
TANGGAL
URAIAN KEGIATAN


19


AHAD

3
10
17
24
31
1
Tahun baru Masehi


SENIN

4
11
18
25

IGTKI


SELASA

5
12
19
26



RABU

6
13
20
27



KAMIS
7
14
21
28





JUMAT
1
8
15
22
29





SABTU
2
9
16
23
30







HARI
FEBRUARI 2016
TANGGAL
URAIAN KEGIATAN


19


AHAD
7
14
21
28

18
Tahun baru Imlek


SENIN
1
8
15
22
29

IGTKI


SELASA
2
9
16
23

 27
 Makan bersama


RABU
3
10
17
24






KAMIS
4
11
18
25






JUMAT
5
12
19
26






SABTU
6
13
20
27








HARI
Maret 2016
TANGGAL
URAIAN KEGIATAN


20


AHAD
6
13
20
27

9
Libur Hari Raya Nyepi


SENIN
7
14
21
28

25
Libur wafatnya Isa Al Masih


SELASA
1
8
15
22
29

IGTKI


RABU
2
9
16
23
30

 26
Makan bersama 


KAMIS
3
10
17
24
31





JUMAT
4
11
18
25






SABTU
5
12
19
26








HARI
April 2016
TANGGAL
URAIAN KEGIATAN


20


AHAD

3
10
17
24

21
Upacara Hari Kartini


SENIN

4
11
18
25

IGTKI


SELASA

5
12
19
26

30
Makan bersama


RABU
6
13
20
27



KAMIS
7
14
21
28





JUMAT
1
8
15
22
29





SABTU
2
9
16
23
30


















HARI
Mei 2016
TANGGAL
URAIAN KEGIATAN


21


AHAD
 1
8
15
22
29
1
Hari Buruh


SENIN
 2
9
16
23
30

2
Pendidikan


SELASA
3
10
17
24
31

5
Isra’ Mi’raj


RABU
 4
11
18
25

 22
Waisak 


KAMIS
 5
12
19
26


 IGTKI


JUMAT
6
13
20
27

28 
 Makan Bersama


SABTU
7
14
21
28







HARI
Juni 2016
TANGGAL
URAIAN KEGIATAN


13


AHAD

5
12
19
26

4
Makan bersama


SENIN
6
13
20
27

18
Pengambilan raport


SELASA
7
14
21
28

20-2
Libur akhir semester


RABU
1
8
15
22
29

27-30
Penerimaan siswa baru


KAMIS
2
9
16
23
30




JUMAT
3
10
17
24






SABTU
4
11
18
25













 

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar