LAPORAN OBSERVASI
OBSERVASI KELEMBAGAAN PAUD
Disusun guna memenuhi tugas
Mata kuliah: Manajemen PAUD
Dosen Pengampu: Drs. H. Muslam,
M.Ag., M.Pd.
![](file:///C:\DOCUME~1\CAMPUS~1\LOCALS~1\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image002.gif)
Disusun Oleh:
Romdonah :
1403036073
FAKULTAS
ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS
ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG
2015
LEMBAR PENGESAHAN
Observasi
benar-benar dilaksanakan oleh:
Nama : Romdonah
NIM : 1403036073
Lokasi : TK Tunjung Sari Peron
Limbangan Kendal
Judul
observasi : Observasi Kelembagaan
PAUD
Waktu
: 5-12
Desember 2015
Limbangan,
12 Desember 2015
Kepala
TK Tunjung Sari Peneliti
Suhartinah, S. Pd. Romdonah
NIM. 1403036073
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL…………………………………………………………………… i
LEMBAR
PENGESAHAN…………………………………………………………….
ii
DAFTAR
ISI…………………………………………………………………………… iii
BAB
I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang………………………………………………………….. 1
B. Fokus
penelitian.……………………………………………………….... 1
C. Tujuan
observasi………………………………………………………… 1
D. Manfaat
observasi………………………………………………………. 2
E. Landasan Teori…………………………………………………….…… 2
BAB II METODOLOGI
PENELITIAN
A. Subjek
Penelitian……………………………………………………….. 3
B. Metode
penelitian………………………………………………………. 3
C. Instrumen
penelitian……………………………………………………. 3
BAB III DATA
OBSERVASI
A. Profil
TK……………………………………………………………….. 4
B. Jadwal
Kegiatan TK……………………………………………………. 6
C. Hasil wawancara …………………………………………………….… 6
D. Struktur organisasi TK ……………………………………….………… 8
BAB IV PENUTUP
A. Kesimpulan…………………………………………………………….. 9
B. Saran…………………………………………………………………… 9
LAMPIRAN
BAB I
PENDAHULUAN
1.
Latar Belakang
Taman
kanak-kanak Tunjung Sari Peron Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal merupakan
lembaga pendidikan anak usia dini pada
jalur pendidikan formal. TK Tunjung
Sari berada dibawah Lembaga PKK, yang berdiri sejak tanggal 15 Juli 1983 yang
awalnya peserta didik mereka hanya belajar dirumah Kepala Desa Peron tersebut.
Penyelenggara Taman Kanak-kanak Tunjung sari dari awal adalah bapak Muhammad
Mahrowi, Budianto, Titik Sulistiowati, Khunafak, dan Sugiono secara bergantian
sesuai jabatan.
Setelah itu, di
Desa tersebut terdapat bangunan “SD” yang sudah tidak terpakai lagi. Sehingga
warga desa Peron merenovasi dan menggunakan alih bangunan tersebut karena tanah
tersebut adalah milik desa Peron. Taman kanak-kanak Tunjung Sari bukan
merupakan salah satu taman kanak- kanak yang ada di desa Peron Kecamatan
Limbangan Kabupaten Kendal dengan menu pembelajaran yang mengacu pada kurikulum
berbasis kopetensi dengan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan bermain
sambil belajar.
2. Fokus Penelitian
Penelitian yang penulis lakukan terfokus pada
pembelajaran yang terdapat dalam TK Tunjung Sari meliputi pendahuluan sebelum
pembelajaran, saat pembelajaran, dan kegiatan akhir pada proses pembelajaran
3.
Tujuan Observasi
Pengamatan yang
penulis lakukan ini memiliki beberapa tujuan, tujuan tersebut antara lain:
a.
Untuk
mengetahui keadaan fisik TK Tunjung Sari
b.
Untuk
mengetauhi operasional kegiatan di TK Tunjung Sari.
c.
Untuk mengetauhi
kegiatan pembelajaran di TK TK Tunjung Sari
d.
Untuk
mengetauhi Permainan yang ada di TK Tunjung Sari.
e.
Untuk
mengetauhi struktur organisasi di TK Tunjung Sari.
f.
Untuk
mengetauhi penyusunan rencana pembiayaan di TK Tunjung Sari
g.
Untuk
mengetauhi pendaftaran calon peserta didik di TK Tunjung Sari
h.
Untuk
mengetauhi penyiapan buku administrasi di TK Tunjung Sari
4.
Manfaat Observasi
Pengamatan yang
penulis lakukan ini memiliki beberapa tujuan, tujuan tersebut antara lain:
a. Dapat
mengetahui keadaan fisik TK Tunjung Sari
b. Dapat
mengetauhi operasional kegiatan di TK Tunjung Sari.
c. Dapat
mengetauhi kegiatan pembelajaran di TK TK Tunjung Sari
d. Dapat
mengetauhi Permainan yang ada di TK Tunjung Sari.
e. Dapat
mengetauhi struktur organisasi di TK Tunjung Sari.
f. Dapat
mengetauhi penyusunan rencana pembiayaan di TK Tunjung Sari
g. Dapat
mengetauhi pendaftaran calon peserta didik di TK Tunjung Sari
h. Dapat
mengetauhi penyiapan buku administrasi di TK Tunjung Sari
5. Landasan Teori
Menurut (Suryadi:2011) manajemen PAUD adalah
suatu upaya mengelola, mengatur, mengarahkan proses interaksi untuk mencapai
tujuan pendidikan anak usia dini. [1]
Sedangkan manajemen sarana dan prasarana dalam
pendidikan anak usia dini adalah pengelolaan secara efektif terhadap aset
lembaga yang dimiliki. Beberapa bentuk aset tersebut adalah tanah,
bangunan,lokasi pendirian, bentuk bangunan, perangkat pembalajaran, alat
permainan edukatif baik indoor maupun outdoor.[2]
Set plan tampilan indoor maupun outdoor
setidaknya guru dapat mengenali karakter design PAUD yang sesuai dengan
dunia fantasi anak. Sebab dunia fantasi anak sangat berpengaruh besar terhadap
perkembangan kognitif anak, sosial, emosional, bahasa dan seni. [3]
BAB II
METODOLOGI PENELITIAN
1.
Subjek
Pengamatan
Subjek
pengamatan ini adalah anak-anak,
pendidik, sekaligus kepala sekolah, gedung, alat peraga dan proses pembelajaran.
2.
Metode
Pengamatan
Penulis
menggunakan metode penelitian:
a.
Observasi yaitu
untuk melihat keadaaan dan letak dari TK Tunjung Sari
b.
Wawancara yaitu
untuk menggali informasi yang lebih mendalam mengenai fokus observasi
c.
Dokumentasi
yaitu untuk mengumpulkan bukti-bukti yang jelas dalam melakukan observasi
3.
Instrumen
Pengamatan
Instrumen
yang digunakan adalah:
a.
Alat tulis
(buku,bolpoin)
b.
Daftar
pertanyaan
c.
Handphone
(untuk dokumentasi)
BAB III
DATA OBSERVASI
1.
Profil TK
Nama TK : TK Tunjung Sari
Lokasi : Desa Peron Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal
Gedung : Milik desa
Inventaris : 3 buah papan
tulis hitam
6 almari buku
3
buah meja guru
13 buah meja siswa
1 papan pengumuman
Buku panduan, pegangan guru, dan
administrasi
1 buah plorotan, 1 buah jungkat-jungkit
2 buah ayunan
1 buah bola dunia
Tenaga pengajar : 3 orang
guru, 1 orang kepala sekolah yang merangkap menjadi guru kelas.
Jumlah siswa : 62 siswa
Dana Operasional: SPP wali murid
Semarang, 12
Desember 2015
Kepala TK
Suhartinah,
S.Pd
2.
Jadwal Kegiatan Pembelajaran
Berdasarkan observasi yang saya
lakukan pada hari sabtu, 5 Desember 2015 dan hari Sabtu 12 Desember 2015,
kegiatan pembelajaran di TK Tunjung Sari:
Hari/ Tanggal
|
No
|
Jam
|
Kegiatan
|
Ket
|
|
1
2
3
4
5
|
07.30-08.00
08.00-08.30
08.30-09.00
09.00-09.30
09.30-10.00
|
Pembukaan
Kegiatan inti
Jalan-jalan
Istirahat, bermain, makan, dan
minum
Penutup
|
Kelompok B
07.00-10.00
|
3. Hasil Wawancara
Hasil wawancara
yang didapat dalam observasi:
Narasumber: Siti Masamah, S. Pd.
a.
Bagaimana latar belakang berdirinya TK Tunjung Sari?
Latar belakang berdirinya TKTunjung Sari atas dasar kebutuhan masyrakat
akan pendidikan, Taman kanak-kanak Tunjung Sari Peron Kecamatan Limbangan
Kabupaten Kendal merupakan lembaga pendidikan
anak usia dini pada jalur pendidikan formal.
b.
Mengapa TK Tunjung
Sari?
Pembangunan TK Tunjung Sari
dilakukan secara bertahap, dimulai dari TK Tunjung Sari yang
berada di rumah kepala desa . Kemudian
karena minat masyarakat yang tinggi akhirnya disusul dengan pendirian TK Tunjung Sari dengan memanfaatkan gedung SD yang
sudah tidak terpakai.
c.
Kapan didirikan TK Tunjung Sari?
. TK Tunjung Sari berada dibawah Lembaga PKK, yang berdiri sejak
tanggal 15 Juli 1983
d.
Mengapa memilih tempat di pinggir jalan?
Pemilihan
tempat kurang diketahui namun jelasnya bahwa tempat tersebut asal mulanya dari
tanah desa/ aset desa yang awalnya adalah gedung SD yang sekarang sudah tidak
terpakai lagi.
e.
Bagaimana letak bangunan TK untuk mengantisipasi
anak-anak dari ancaman kecelakaan?
TK
dibangun agak menjorok kedalam itu menjadi salah satu fungsi antisipasi
kecelakaan anak-anak. Selain itu juga di beri pagar yang cukup tinggi dan
kokoh.
f.
Bagaimana upaya dari guru sendiri untuk mengantisipasi?
Dari
pihak guru selalu mengawasi anak-anak secara intensif dan dibantu para orang
tua yang mengantarkan anaknya dan guru mengodisikan kelas supaya anak-anak
keluar dengan tertib.
g.
Apa yang membedakan bangunan TK dengan bangunan lembaga
pendidikan lain?
Perbedaanya terletak pada penghiasan lingkungannya tentunya
dengan memperhatikan aspek pembelajaran. Contoh perangkat pembelajaran di luar
ruangannya, ada plosotan, jungkat jungkit, ayunan, bola dunia, lukisan di
dinding sekolah. Kemudian yang didalam kelas banyak tempelan tentang panca
indra, binatang, buah-buahan, huruf, kemudian ada juga balok dan bola.
h.
Bagaimana cara mengelompokkan anak untuk menempati kelas?
Pengelompokan anak didasarkan pada usia
mereka, pada saat penerimaan peserta didik baru guru mengarahkan kepada
orangtua dari siswa, untuk anak yang sudah berusia 3,10 tahun sudah
diperbolehkan masuk TK.
i.
Apakah tidak ada dana pembantu dari desa? Lantas sumber
dana dari mana saja?
Tidak ada, dana yang diterima hanya dari spp atau iurang dari orang tua atau
wali murid saja..
j.
Sementara ini pedoman ibu menngajar menggunakan kurikulum
apa?
Kami sudah menggunakan kurikulum 2013 untuk acuan kegiatan belajar mengajar.
k.
Siapa saja yang pengelola TK Tunjung sari ini bu?
Pengelola di TK Tunjung Sari sesua dengan “siapa yang menjadi kepala desa”
Dari yang pertama itu, 1. Muhammad Nahrowi
2.
Budianto
3.
Titik Sulistiyowati
4.
Khunafak
5.
Sugiyono
l. Untuk pendaftaran TK membutuhkan persayaratan apa saja bu?
Persyaratan unuk mendaftar hanya memerlukan Akta kelahiran, Kartu Keluarga,
dan umur siswa. Umur siswa minimal 3 tahun.
4. Struktur organisasi TK Tunjung Sari
Jabatan
|
Organisasi yayasan
|
Nama
|
Ketua
|
Pembina
|
Sugiyono
|
Ketua umum
|
Pengurus
|
Suhartinah
|
Sekretaris umum
|
Pengurus
|
Siti Masamah
|
Bendahara umum
|
Pengurus
|
Susi Widiyayanti
|
Ketua
|
Pengawas
|
Khunafak
|
BAB IV
PENUTUP
1. Kesimpulan
Dari observasi ini, dapat di simpulkan beberapa hal yaitu:
a.
TK Tunjung
Sarimempunyai bangunan yang cukup luas sebagai arena bermain dan berkreasi
anak-anak.
b.
Lingkungan
kelas di TK Tunjung Sarijuga disiapkan sedemikian rupa sehingga dapat mendukung
pencapaian dalam belajar mengajar.
c.
Penerapan
kurikulum yang masih menggunakan kurikulum 2013
2. Saran
Dari analisis
observasi, penulis mempunyai saran untuk TK Tunjung SariPeron Kecamatan
Limbangan Kabupaten Kendal
a. Pengelolaan yang baik perlu untuk di tingkatkan lagi, agar tetap
terjaga kualitas dan kuantitasnya.
b. Lebih melengkapi fasilitas dan sarana prasarana pembelajaran
sehingga bisa memperlancar dalam proses pembelajaran.
3. Kata Penutup
Dengan mengucap syukur, akhirnya
laporan hasil observasi di TK Tunjung Sari Kabupaten Kendal bisa terselesaikan
dengan lancar meskipun banyak hal-hal yang kurang baik. Laporan hasil observasi
ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi penulis yang
nantinya akan penulis butuhkan dalam mempersiapkan diri menjadi seorang
pengajar. Sebagai penutup dari laporan ini, penulis mengucapkan terimakasih
kepada pihak-pihak yang sudah membantu dalam penyelesaian laporan ini.
Penulis menyadari bahwa dalam
penyusunan laporan observasi ini masih terdapat banyak sekali kesalahan dan
kekurangan. Oleh karena itu, penulis minta maaf dan penulis mengharapkan kritik
serta saran yang membangun.
[1]Suryadi, manajemen PAUD, (yogyakarta: pustaka, 2011) hlm. 67
[2]Suryadi, manajemen PAUD, (yogyakarta: pustaka pelajar, 2011) hlm.
176-182
[3]Suryadi, manajemen PAUD (TPA-KB-TK/RA): Mendirikan, Mengelola, dan
Mengembangkan Pendidikan Anak Usia Dini, (yogyakarta: pustaka pelajar,
2011) hlm.210
Lampiran-Lampiran
KALENDER PENDIDIKAN
TAHUN AJARAN 2015/2016
Semester I
|
|||||||||||||||||||||
HARI
|
JULI
2015
|
TANGGAL
|
URAIAN
KEGIATAN
|
||||||||||||||||||
5
|
|||||||||||||||||||||
AHAD
|
|
5
|
12
|
19
|
26
|
|
9-11
|
Hari pertama MOS Siswa Baru
|
|||||||||||||
SENIN
|
|
6
|
13
|
20
|
27
|
|
13-16
|
Libur sebelum 1 Syawal
1436 H
|
|||||||||||||
SELASA
|
7
|
14
|
21
|
28
|
|
17-18
|
Idul Fitri
|
||||||||||||||
RABU
|
1
|
8
|
15
|
22
|
29
|
|
20-25
|
Libur sesudah Idul Fitri
|
|||||||||||||
KAMIS
|
2
|
9
|
16
|
23
|
30
|
|
27-31
|
Hari belajar efektif
|
|||||||||||||
JUMAT
|
3
|
10
|
17
|
24
|
31
|
|
|||||||||||||||
SABTU
|
4
|
11
|
18
|
25
|
|
|
|||||||||||||||
HARI
|
AGUSTUS
2015
|
TANGGAL
|
URAIAN
KEGIATAN
|
||||||||||||||||||
18
|
|||||||||||||||||||||
AHAD
|
|
2
|
9
|
16
|
23
|
30
|
17
|
Hari Proklamasi
|
|||||||||||||
SENIN
|
|
3
|
10
|
17
|
24
|
|
HUT RI karnaval
|
||||||||||||||
SELASA
|
|
4
|
11
|
18
|
25
|
|
25
|
Rapat komite
|
|||||||||||||
RABU
|
|
5
|
12
|
19
|
26
|
|
IGTKI
|
||||||||||||||
KAMIS
|
|
6
|
13
|
20
|
27
|
|
29
|
Makan Bersama
|
|||||||||||||
JUMAT
|
7
|
14
|
21
|
28
|
|
|
|
||||||||||||||
SABTU
|
1
|
8
|
15
|
22
|
29
|
|
|
|
|||||||||||||
HARI
|
SEPTEMBER
2015
|
TANGGAL
|
URAIAN
KEGIATAN
|
||||||||||||||||||
18
|
|||||||||||||||||||||
AHAD
|
|
6
|
13
|
20
|
27
|
|
10
|
Hari olahraga
|
|||||||||||||
SENIN
|
7
|
14
|
21
|
28
|
|
24
|
Idul Adha
|
||||||||||||||
SELASA
|
1
|
8
|
15
|
22
|
29
|
|
|
IGTKI
|
|||||||||||||
RABU
|
2
|
9
|
16
|
23
|
30
|
|
29
|
Makan bersama
|
|||||||||||||
KAMIS
|
3
|
10
|
17
|
24
|
|
|
|
|
|||||||||||||
JUMAT
|
4
|
11
|
18
|
25
|
|
|
|
|
|||||||||||||
SABTU
|
5
|
12
|
19
|
26
|
|
|
|
|
|||||||||||||
HARI
|
OKTOBER
2015
|
TANGGAL
|
URAIAN
KEGIATAN
|
||||||||||||||||||
19
|
|||||||||||||||||||||
AHAD
|
|
4
|
11
|
18
|
25
|
|
1
|
Hari kesaktian pancasila
|
|||||||||||||
SENIN
|
|
5
|
12
|
19
|
26
|
|
14
|
Tahun baru hijriyah
|
|||||||||||||
SELASA
|
|
6
|
13
|
20
|
27
|
|
28
|
Hari sumpah pemuda
|
|||||||||||||
RABU
|
7
|
14
|
21
|
28
|
|
IGTKI
|
|||||||||||||||
KAMIS
|
1
|
8
|
15
|
22
|
29
|
|
31
|
Makan bersama
|
|||||||||||||
JUMAT
|
2
|
9
|
16
|
23
|
30
|
|
|
|
|||||||||||||
SABTU
|
3
|
10
|
17
|
24
|
31
|
|
|
|
|||||||||||||
HARI
|
NOVEMBER
2015
|
TANGGAL
|
URAIAN
KEGIATAN
|
||||||||||||||||||
19
|
|||||||||||||||||||||
AHAD
|
1
|
8
|
15
|
22
|
29
|
10
|
Hari Pahlawan
|
||||||||||||||
SENIN
|
2
|
9
|
16
|
23
|
30
|
|
IGTKI
|
||||||||||||||
SELASA
|
3
|
10
|
17
|
24
|
|
28
|
Makan Bersama
|
||||||||||||||
RABU
|
4
|
11
|
18
|
25
|
|
|
|
||||||||||||||
KAMIS
|
5
|
12
|
19
|
26
|
|
|
|
||||||||||||||
JUMAT
|
6
|
13
|
20
|
27
|
|
|
|
||||||||||||||
SABTU
|
7
|
14
|
21
|
28
|
|
|
|
||||||||||||||
HARI
|
DESEMBER
2015
|
TANGGAL
|
URAIAN
KEGIATAN
|
||||||||||||||||||
14
|
|||||||||||||||||||||
AHAD
|
|
6
|
13
|
20
|
27
|
|
IGTKI
|
||||||||||||||
SENIN
|
7
|
14
|
21
|
28
|
|
12
|
Makan bersama
|
||||||||||||||
SELASA
|
1
|
8
|
15
|
22
|
29
|
|
19
|
Penyerahan raport
|
|||||||||||||
RABU
|
2
|
9
|
16
|
23
|
30
|
|
23
|
Maulid Nabi
|
|||||||||||||
KAMIS
|
3
|
10
|
17
|
24
|
31
|
|
25-26
|
Natal dan cuti bersama
|
|||||||||||||
JUMAT
|
4
|
11
|
18
|
25
|
|
|
21-31
|
Libur akhir semester
|
|||||||||||||
SABTU
|
5
|
12
|
19
|
26
|
|
|
|
|
|||||||||||||
|
|
|
|||||||||||||||||||
HARI
|
JANUARI
2016
|
TANGGAL
|
URAIAN
KEGIATAN
|
||||||||||||||||||
19
|
|||||||||||||||||||||
AHAD
|
|
3
|
10
|
17
|
24
|
31
|
1
|
Tahun baru Masehi
|
|||||||||||||
SENIN
|
|
4
|
11
|
18
|
25
|
|
IGTKI
|
||||||||||||||
SELASA
|
|
5
|
12
|
19
|
26
|
|
|||||||||||||||
RABU
|
|
6
|
13
|
20
|
27
|
|
|||||||||||||||
KAMIS
|
7
|
14
|
21
|
28
|
|
|
|
||||||||||||||
JUMAT
|
1
|
8
|
15
|
22
|
29
|
|
|
|
|||||||||||||
SABTU
|
2
|
9
|
16
|
23
|
30
|
|
|
|
|||||||||||||
HARI
|
FEBRUARI
2016
|
TANGGAL
|
URAIAN
KEGIATAN
|
||||||||||||||||||
19
|
|||||||||||||||||||||
AHAD
|
7
|
14
|
21
|
28
|
|
18
|
Tahun baru Imlek
|
||||||||||||||
SENIN
|
1
|
8
|
15
|
22
|
29
|
|
IGTKI
|
||||||||||||||
SELASA
|
2
|
9
|
16
|
23
|
|
27
|
Makan bersama
|
||||||||||||||
RABU
|
3
|
10
|
17
|
24
|
|
|
|
|
|||||||||||||
KAMIS
|
4
|
11
|
18
|
25
|
|
|
|
|
|||||||||||||
JUMAT
|
5
|
12
|
19
|
26
|
|
|
|
|
|||||||||||||
SABTU
|
6
|
13
|
20
|
27
|
|
|
|
|
|||||||||||||
HARI
|
Maret
2016
|
TANGGAL
|
URAIAN
KEGIATAN
|
||||||||||||||||||
20
|
|||||||||||||||||||||
AHAD
|
6
|
13
|
20
|
27
|
|
9
|
Libur Hari Raya Nyepi
|
||||||||||||||
SENIN
|
7
|
14
|
21
|
28
|
|
25
|
Libur wafatnya Isa Al Masih
|
||||||||||||||
SELASA
|
1
|
8
|
15
|
22
|
29
|
|
IGTKI
|
||||||||||||||
RABU
|
2
|
9
|
16
|
23
|
30
|
|
26
|
Makan bersama
|
|||||||||||||
KAMIS
|
3
|
10
|
17
|
24
|
31
|
|
|
|
|||||||||||||
JUMAT
|
4
|
11
|
18
|
25
|
|
|
|
|
|||||||||||||
SABTU
|
5
|
12
|
19
|
26
|
|
|
|
|
|||||||||||||
HARI
|
April
2016
|
TANGGAL
|
URAIAN
KEGIATAN
|
||||||||||||||||||
20
|
|||||||||||||||||||||
AHAD
|
|
3
|
10
|
17
|
24
|
|
21
|
Upacara Hari Kartini
|
|||||||||||||
SENIN
|
|
4
|
11
|
18
|
25
|
|
IGTKI
|
||||||||||||||
SELASA
|
|
5
|
12
|
19
|
26
|
|
30
|
Makan bersama
|
|||||||||||||
RABU
|
6
|
13
|
20
|
27
|
|
||||||||||||||||
KAMIS
|
7
|
14
|
21
|
28
|
|
|
|
||||||||||||||
JUMAT
|
1
|
8
|
15
|
22
|
29
|
|
|
|
|||||||||||||
SABTU
|
2
|
9
|
16
|
23
|
30
|
|
|
|
|||||||||||||
|
|
||||||||||||||||||||
HARI
|
Mei
2016
|
TANGGAL
|
URAIAN
KEGIATAN
|
||||||||||||||||||
21
|
|||||||||||||||||||||
AHAD
|
1
|
8
|
15
|
22
|
29
|
1
|
Hari Buruh
|
||||||||||||||
SENIN
|
2
|
9
|
16
|
23
|
30
|
|
2
|
Pendidikan
|
|||||||||||||
SELASA
|
3
|
10
|
17
|
24
|
31
|
|
5
|
Isra’ Mi’raj
|
|||||||||||||
RABU
|
4
|
11
|
18
|
25
|
|
22
|
Waisak
|
||||||||||||||
KAMIS
|
5
|
12
|
19
|
26
|
|
|
IGTKI
|
||||||||||||||
JUMAT
|
6
|
13
|
20
|
27
|
|
28
|
Makan Bersama
|
||||||||||||||
SABTU
|
7
|
14
|
21
|
28
|
|
|
|
||||||||||||||
HARI
|
Juni
2016
|
TANGGAL
|
URAIAN
KEGIATAN
|
||||||||||||||||||
13
|
|||||||||||||||||||||
AHAD
|
|
5
|
12
|
19
|
26
|
|
4
|
Makan bersama
|
|||||||||||||
SENIN
|
6
|
13
|
20
|
27
|
|
18
|
Pengambilan raport
|
||||||||||||||
SELASA
|
7
|
14
|
21
|
28
|
|
20-2
|
Libur akhir semester
|
||||||||||||||
RABU
|
1
|
8
|
15
|
22
|
29
|
|
27-30
|
Penerimaan siswa baru
|
|||||||||||||
KAMIS
|
2
|
9
|
16
|
23
|
30
|
|
|
||||||||||||||
JUMAT
|
3
|
10
|
17
|
24
|
|
|
|
|
|||||||||||||
SABTU
|
4
|
11
|
18
|
25
|
|
|
|
|
|||||||||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar