Kamis, 07 Januari 2016

Beberapa Fungsi Rumus dalam Excel



  1.  
Fungsi Rumus LEFT dalam Excel
Rumus LEFT berfungsi untuk mengambil beberapa karakter text dari data di Microsoft Excel yang dimulai dari kiri. Penulisan Syntaxnya adalah:
=LEFT ( Text; Num_Chars )
Keterangan: Text adalah string teks yang berisi karakter yang ingin di ekstrak.
Num_Chars adalah menentukan jumlah karakter yang ingin di ekstrak dari kiri.
- Num_Chars nilainya harus lebih besar dari 0 (Nol).
- Jika nilai Num_Chars lebih besar dari panjang teks maka semua karakter teks akan di tampilkan.
- Jika Num_Chars dihilangkan atau tidak ditentukan, maka otomatis diasumsikan sebagai 1.
 Contoh:
No.
Teks
Rumus
Keterangan
1
Rumus Excel dot com
=LEFT(A2)
Hasilnya R (menampilkan 1 karakter)
2
Rumus Excel dot com
=LEFT(A3;1)
Hasilnya R (menampilkan 1 karakter)
3
Rumus Excel dot com
=LEFT(A4;2)
Hasilnya Ru (menampilkan 2 karakter)
4
Rumus Excel dot com
=LEFT(A5;5)
Hasilnya Rumus (menampilkan 5 karakter)
5
Rumus Excel dot com
=LEFT(A6;11)
Hasilnya Rumus Excel (menampilkan 11 karakter) 7
Fungsi Rumus RIGHT di Excel
 Rumus RIGHT berfungsi untuk mengambil beberapa karakter text dari data di Microsoft Excel yang dimulai dari kanan. Penulisan Sintaxnya adalah:
=RIGHT ( Text; Num_Chars )
 Keterangan: Text adalah string teks yang berisi karakter yang ingin di ekstrak.
Num_Chars adalah menentukan jumlah karakter yang ingin di ekstrak dari kanan.


Fungsi Rumus MID di Excel
 Rumus MID berfungsi untuk mengambil beberapa karakter text dari data di Microsoft Excel yang dimulai dari tengah. Penulisan Syntaxnya adalah:
=MID ( Text; Start_Num; Num_Chars )
Keterangan: Text adalah string teks yang berisi karakter yang ingin di ekstrak.
Start_Num adalah posisi karakter pertama yang ingin di ekstrak.
Num_Chars adalah menentukan jumlah karakter yang ingin di ekstrak dengan fungsi MID..

UPPER

UPPER digunakan untuk mengubah teks menjadi huruf besar semua. Misalnya teknya "ini adalah fungsi UPPER" akan diubah menjadi "INI ADALAH FUNGSI UPPER"

= UPPER (text)


LOWER

LOWER digunakan untuk menguah teks menjadi huruf kecil semua. Misalnya teknya "ini adalah fungsi LOWER" akan diubah menjadi "ini adalah fungsi lower"

= LOWER (text)
PROPER
PROPER digunakan untuk mengubah teks menjadi format judul. Misalnya teknya "ini adalah fungsi PROPER" akan diubah menjadi "Ini Adalah Fungsi Proper"
=PROPER (text)
    1.  
  • Fungsi COUNT digunakan untuk menghtung jumlah cell di dalam suatu 'range' yang berisi bilangan numerik termasuk bilangan tanggal. Fungsi COUNT tidak menghitung cell yang kosong maupun cell yang berisi nilai string.
=COUNT(range1 [,range2] [, ...])
  • Fungsi COUNTIF digunakan untuk menghtung jumlah suatu kejadian pada range_hitung dengan hanya mengambil nilai-nilai yang sesuai dengan satu 'ktiteria' yang diajukan pada argumennya.
=COUNTIF(range_hitung, kriteria)
  • Fungsi COUNTIFS digunakan untuk menghtung jumlah suatu kejadian pada range_hitung yang masuk dalam beberapa kriteria yang diajukan pada argumennya. Fungsi COUNTIFS hanya dapat digunakan untuk Microsoft Excel 2007 ke atas.
=COUNTIFS(range_hitung1, kriteria1 [,range_kriteria2, kriteria2] [,...])

Tidak ada komentar:

Posting Komentar