YAYASAN
HARAPAN MULIA
SMK
HARAPAN MULYA BRANGSONG
Jl.
Soekarno-Hatta Brangsong Kendal 51371 Telp. (0294) 3687337
TERAKREDITASI B
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMK Harapan Mulya
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Program Keahlian :
Semua Jurusan
Kelas/Semester :
XII/1
Pertemuan ke :
1
Alokasi Waktu :
2x45 menit
Standar Kompetensi
: Memahami ayat-ayat
al-Qur’an tentang anjuran bertoleransi.
Kompetensi Dasar
: 1.1 Membaca QS Al-Kafiruun, QS Yunus:
40-41, dan QS Al-Kahfi: 29
Indikator : Mampu
membaca QS Al kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29 dengan baik dan
benar
Mampu
mengidentifikasi tajwid Q.S. Al kafirun, QS Yunus, 40-41, dan QS Al Kahfi : 29
dengan benar
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
Mampu
membaca QS Al kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29 dengan baik dan
benar
Mampu
mengidentifikasi tajwid Q.S. Al kafirun, QS Yunus, 40-41, dan QS Al Kahfi : 29
dengan benar
Karakter yang
diharapkan:
Religius, jujur, santun,
disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh
pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja
keras, dan adil.
B. Materi Pembelajaran
1.
Q.S Al-Kafirun
Ø Penjelasan Tajwid
Lafal
|
Hukum Bacaan
|
Cara membaca
|
Alasan
|
|
Mad wajib
muttasil
|
Yaaaaa ayyuha
(dibaca panjang 5
harakat)
|
Huruf mad meng-hadap hamzah da-lam satu lafal
|
|
Mad ‘arid
|
Al – kaafiruuuun
(dibaca panjang 2, 4, 6 harakat)
|
Huruf Mad bertemu huruf nun yang diwaqofkan
|
|
Idgham bigunnah
|
‘aabidumma
|
Tanwin dhumah bertemu dengan mim
|
|
Idgham mutajannisain
|
‘abattum
Memasukkan bunyi dal pada huruf ta’
|
Huruf dal bertemu ta’ keduanya mempunyai mahraj yang
sifat-sifatnya sama
|
|
Izhar syafawi
|
Lakum diinukum
Mim mati dibaca jelas
|
Mim mati bertemu dal
|
2.
Q.S Yunus Ayat 40-41
Ø Penjelasan Tajwid
Lafal
|
Hukum Bacaan
|
Cara membaca
|
Alasan
|
|
Izhar
|
Waminhum
|
Nun sukun berte-mu
ha’
|
|
Idgham bilagunnah
|
Mallaa
|
Nun mati bertemu huruf lam
|
|
Idgham mutamassilain
|
Faqullii
|
Lam mati berte-mu lam
berharokat
|
|
Izhar syafawi
|
Walakum ‘amalukum
|
Mim mati bertemu ‘ain
|
|
Mad jaiz
munfasil
|
Mimmaaaa a’malu
|
Mad alif bertemu hamzah pada
lafal lain
|
|
Idgham bigunnah
|
Bariium mimmaa
|
Tanwin dhummah menghadap mim
|
3.
Q.S Al Kahf Ayat
Ø Penjelasan Tajwid
Lafal
|
Hukum Bacaan
|
Cara membaca
|
Alasan
|
|
Izhar qamariyah
|
Al Haqqu
|
Alif lam(al) berte-mu
ha’
|
|
Idgham bilagunnah
|
Mirrabbikum
( nun mati menjadi satu dengan ra’)
|
Nun mati bertemu huruf ra’
|
|
Mad wajib
muttasil
|
Syaaaaa-a
|
Mad alif bertemu hamzah
|
|
Mad jaiz
munfasil
|
Innaaaaa a’tadnaa
|
Mad alif bertemu hamzah di lain lafal
|
|
Izhar
|
Naaran ahaatho
|
Tanwin fathah ber-temu hamzah
|
|
Mad wajib
muttasil
|
Bimaaaaa-in
|
Mad alif bertemu hamzah dalam
satu lafal
|
|
Mad ‘iwad
|
Murtafaqaa
(tanwin tidak ber-bunyi,
berubah fat-hah, panjang 2 ha-rakat)
|
Tanwin fathah pada huruf qaf dibaca waqof
|
C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Tanya
Jawab
3. Memutar
Film
4. PPT Hiperlink
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan Awal
Pembukaan
a. Guru mengecek kerapian siswa dan kebersihan
ruang kelas.
b. Guru dan siswa berdiri dan menyanyikan lagu
“Indonesia Raya”.
c. Guru mengajak siswa berdoa.
d. Guru Mengajak siswa membaca surat-surat
pendek
e. Guru mengajak siswa
membaca do’a-do’a harian
f. Guru mengucapkan salam
g. Memeriksa kehadiran
siswa.
h. Apersepsi
§ Mengulang atau
mengingat kembali pelajaran sebelumnya
§ Menyatakan topik pembahasan
pertemuan ini
§ Siswa mendengarkan
penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran pada pertemuan ini.
i. Orientasi
Siswa mendengarkan
penjelasan guru tentang pentingnya materi ini dalam kehidupan nyata.
j. Motivasi
Siswa mendengarkan
guru tentang manfaat mempelajari materi ini.
|
15 MENIT
|
2
|
Kegiatan Inti
2.1 Eksplorasi
a.
Guru mengawali dengan
mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
1)
Pernahkah kalian mendengar tentang toleransi ?
2)
Apakah kalian mengetahui ayat-ayat al-Qur’an tentang
anjuran bertoleransi ?
3)
Siapakah diantara kalian yang sudah hafal ayat-ayat
al-Qur’an tentang anjuran bertoleransi ?
b.
Siswa secara komunikatif membaca Q.S Al Kafirun ayat
1-6, Q.S Yunus ayat 40-41, Q.S Al Kahf ayat 29
c.
Selanjutnya siswa membaca arti QS Al Kafirun, QS Yunus,
40-41, dan QS Al Kahfi : 29 dengan
berpedoman kepada Al Qur’an dan terjemahannya atau sumber bacaan lainnya
dengan pengamatan dari guru.
2.2 Elaborasi
a.
Guru menjelaskan kepada siswa akan hikmah yang
terkandung dalam QS Al Kafirun, QS Yunus, 40-41, dan QS Al Kahfi : 29.
b.
Setelah selesai menyalin QS Al Kafirun, QS Yunus,
40-41, dan QS Al Kahfi : 29 berikut artinya, guru menjelas hukum bacaan
(tajwid) yang terdapat pada ayat tersebut.
c.
Siswa mengidentifikasi tajwid Q.S Al Kafirun ayat 1-6,
Q.S Yunus ayat 40-41, Q.S Al Kahf ayat 29.
d.
Guru menunjuk seorang siswa yang sudah fasih membaca QS
Al Kafirun, QS Yunus, 40-41, dan QS Al Kahfi : 29, untuk memimpin
teman-temannya membaca bersama-sama di bawah bimbingan guru 2 sampai dengan 3
kali.
e.
Guru meminta beberapa siswa untuk menjelaskan hukum
bacaan yang terdapat dalam QS Al Kafirun, QS Yunus, 40-41, dan QS Al Kahfi :
29.
2.3. Konfirmasi
a.
Siswa menyimpulkan hasil pembelajaran
b.
Guru memberikan umpan balik atas
keras siswa berupa koreksi dan masukan kepada siswa
c.
Guru memberi motivasi bagi siswa yang
berpartisipasi aktif
|
60 MENIT
|
3
|
Kegiatan Akhir
Penutup
a.
Mengulas kembali pelajaran pada pertemuan ini
b.
Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya
tentang pelajaran yang telah diberikan.
c.
Memberikan pekerjaan rumah kepada siswa
d.
Guru mengajak siswa membaca doa
e.
Guru mengucapkan salam
|
10 MENIT
|
E. Alat dan Sumber Belajar
1.
Alat:
a.
Spidol
b.
Papan tulis
c.
LCD Proyektor
2.
Sumber belajar:
a.
Al-Qur’an terjemah
b.
Modul
c.
Internet
F. Evaluasi
1. Tes Tertulis
2. Tes Membaca
Kriteria
Penilaian
Tugas 1
Uraian
|
Skor
|
- Tajwid benar, tulisan lengkap
- Tajwid benar,
tulisan kurang lengkap
- Tajwid salah, tulisan tidak tidak lengkap
|
95
85
25
|
Tugas 2
NO
|
ASPEK
|
SKOR
|
1.
2.
3.
4.
|
Makhorijul huruf
Tajwid
Kelancaran
Keindahan membaca
|
1 – 25
1 – 25
1 – 25
1 – 25
|
|
T o t a l
|
100
|
Pedoman Penilaian
Nilai
maksimalTugas 1 = 95
Nilai
maksimalTugas 2 = 95
Nilai akhir = tugas 1 + tugas 2
2
Brangsong , Agustus 2017
Kepala
Sekolah Guru
Mapel
Ahmad Muhajirin, ST Zaenal Mustofa M.Pd
Guru Praktikan
Romdonah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar