A. LAPORAN PRAKTEK PERPUSTAKAAN
Disusun Guna Memenuhi Tugas
Mata Kuliah : Praktek Perpustakaan
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image002.gif)
Oleh :
Romdonah (1403036073)
Kholifah
(1403036081)
M. Shony hidayatullah (1403036084)
Umi kulsum
(1403036090)
M arif wiranto
(1403036106)
Miss Ilham Charotmah
(1403036109)
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO
SEMARANG
2A. Pendahuluan
Perpustakaan adalah tempat dimana tersedia berbagai macam bahan penerbitan baik yang
berbentuk tercetak dan non tercetak yang diatur dengan suatu system tertentu
untuk keperluan informasi ilmiah, popular, dan umum. Keberadaan masyarakat pada
suatu masyarakat modern sangat penting karena kebutuhan yang tinggi pada
masyarakat akan informasi yang dapat menunjang segala aktivitas pendidikan,
penelitian, dan perkembangan kebudayaan, ekonomi dan sosial. Sejalan dengan
itu, adanya perkembangan teknoologi informasi dan komunikasi yang berlangsung
cepat dan penerapannya menyebar hampir di semua bidang kehidupan manusia juga
mempengaruhi dalam dunia kerja perpustakaan. Perpustakaan
dari aspek pendidikan dapat berfungsi untuk meningkatkan apresiasi budaya dari
masyarakat sekitar. Salah satu criteria bagi perkembangan suatu perustakaan
dapat dinilai dari sumber daya manusianya. Sumber daya manusia perpustakaan
dapat ditingkatkan melalui penguasaan ilmu di bidang perpustakaan.
Berangkat dari pesoalan di atas, maka
adanya praktik pengalaman lapangan (perpustakaan) sangat berguna bagi mahasiswa
MPI. Hal itu dikarenakan mahasiswa MPI menjurus pada bidang manajemen
pendidikan. Artinya bahwa semua hal dalam lingkup pendidikan termasuk
perpustakaan harus mampu dikuasai oleh mahasiswa prodi MPI.
B.
Tujuan Dan Manfaat
1.
Tujuan
Memberikan kesempatan kepada Mahasiswa
untuk memperoleh pengalama nyata dalam mengklasifikasikan teori pengolahan
kegiatan Perpustakaan. Mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dari
bangku perkuliahan dengan menerapkannya dilapangan khususnya di Perpustakaan.
Mahasiswa dapat memahami proses pengadaan, pengolahan sampai pelayanan bahan
pustaka kepada pengguna Perpustakaan.
2.
Manfaat
a.
Bagi
Mahasiswa, Mahasiswa memperoleh ketrampilan untuk melaksanakan program kerja pada
Perpustakaan.
b.
Bagi Perguruan
Tinggi, Perguruan Tinggi dapat menjalin kerja sama dengan
Perpustakaan-perpustakaan dimana Mahasiswa ditempatkan.
c.
Bagi Tempat
Praktek Pengalaman Perpustakaan, Perpustakaan dapat memperoleh tenaga
kerja yang sesuai bidangnya serta berwawasan akademi dari Praktek Pengalaman
Perpustakaan tersebut.
C.
Deskriptif Tempat Praktik
1.
Profil perpustakaan FITK walisongo semarang
a.
Sejarah
Perpustakaan FITK
b.
Visi, Misi dan
Tujuan
Visi : Terciptanya perpustakaan
sebagai pusat studi pendidikan dan ilmu pengetahuan untuk menunjang pelaksanaan
program tri darma perguruan tinggi sesuai dengan misi dan cita-cita UIN
Walisongo Semarang.
Misi :
1.
Menyediakan
fasilitas & sarana belajar serta akses informasi kependidikan dan sumber
informasi ilmiah lainnya.
2.
Memberikan
pelayanan prima guna memenuhi kebutuhan informasi pengguna.
3.
Melestarikan
karya-karya ilmiah civitas akademika UIN Walisongo Semarang.
Tujuan :
1.
Melakukan
pengolahan koleksi sesuai standar ilmu perpustakaan.
2.
Menyediakan
sarana dan prasarana guna menunjang kelancaran tugas dan pemanfaatan
perpustakaan secara optimal.
3.
Mewujudkan
petugas perpustakaan yang profesional.
4.
Mengembangkan
koleksi tentang studi kependidikan dan informasi ilmiah lainnya.
5.
Mewujudkan
sistem pelayanan prima.
6.
Membangun
jaringan kerjasama dengan perpustakaan dan sumber-sumber informasi lainnya.
2.
Fasilitas
Adapaun
fasilitas yang disediakan adalah sebaga berikut:
1.
Ruangan Full
AC seluas (20mX30m)/600m2
2.
Meja dan kursi Kepala Perpustakaan
3.
Ruang Pengolahan dan perbaikan bahan pustaka (Teknisi)
Ruangan ini memiliki fasilitas seperti AC, komputer untuk membantu petugas
dalam mengkatalog buku baru, dan memperbaiki buku rusak. Didalam ruang teknisi
terdapat 1 mesin scanning.
4. Ruang Sirkulasi
Terdapat satu komputer
sebagai sarana pengembalian dan satu komputer sebagai sarana peminjaman buku, beserta sarana penunjang lainnya seperti meja, kursi, dsb
5. Ruang membaca
Di ruang
membaca terdapat 10 meja besar dan 1 meja panjang yang dapat digunakan
mahasiswa berdiskusi, serta terdapat meja kecil (meja duduk) untuk yang ingin membaca lesehan.
6. Katalog Online
Terdapat
OPAC (Online Public Acces Catalog) 2 unit komputer yang dapat digunakan untuk
membantu mahasiswa dalam melakukan pencarian buku
7. Rak Koleksi Umum
Di ruang
ini terdapat beberapa rak dan buku-buku umum seperti ekonomi, hukum, manajemen,
pendidikan, novel dan buku-buku umum lainya. Serta terdaat beberapa meja dan
kursi serta dua unit komputer untuk katalog online.
8.
Rak Koleksi kajian Islam
Terletak disebelah sirkulasi
peminjaman, terdapat beberapa rak-rak yang di dalamnya termuat hanya kajian
islam saja dari sejarah Islam, hadits al-Qur’an, Aqidah dan kajian Islam lainya
serta dilengkapi AC.
9. Fotocopy, Terdapat
satu buah alat fotocopy serta satu pegawai yang melayani mahasiswa, Pelayanan fotocopy
dari jam 08:00 sampai 15:00. Layanan fotokopi dibuka setiap hari
1(satu) lembar fotokopi seharga Rp 200,-
10.
Hotspot Area
11.
Layanan
digital library/ SAC (self acees center)
a.
Layanan ini
terbuka bagi seluruh mahasiswa dilingkungan fakultas tarbiyah uin walisongo
semarang
b.
Buku atau
koleksi SAC tidak boleh keluar dari ruangan SAC dan tidak dipinjamkan
3.
Tata Tertib
a. Tas pengunjung wajib dititipkan kepada petugas
b. Setiap pengunjung harus melakukan absensi
daftar hadir
c. Berpakaian rapi dan sopan (tidak memakai kaos)
d. Menjaga ketertiban, ketenangan, dan kebersihan
perpustakaan
e. Setelah membaca buku atau skripsi wajib
mengembalikan ke meja petugas
f. Tidak diperkenankan makan dan minum di dalam
perpustakaan
g.
Peminjaman
koleksi
STATUS
|
LAMA PINJAM
|
JML KOLEKSI
|
PERPANJANGAN
|
Mahasiswa
|
14 hari
|
4 Eksp
|
2 kali
|
Catatan: keterlambatan dalam
pengembalian buku, dikenakan denda Rp 500,-/buku/hari
h.
Layanan
refrensi dan skripsi
a.
Layanan
refrensi dan skripsi dibuka setiap hari
b.
Buku-buku
refrensi boleh difotokopi sedangkan
skrpsi tidak boleh difotocopi kecuali untuk kebutuhan riset dan ada surat
rekomendasi dari dosen.
4.
Personalia Perpustakaan FITK
Perpustakaan merupakan Unit
Pelaksanaan Teknis (UPT) ang berada di bawah dan tanggung jawab kepada rektor
perpustakaan terdiri dari:
![]() |
5.
Klasifikasi Koleksi
000 :
Karya umum, ensiklopedi, penelitian, kamus
100 :
filsafat & psikologi
200 :
agama
300 : ilmu sosial dan pendidikan
400 : bahasa
500 :
matematika, fisika, kimia, biologi
600 : ilmu terapan dan manajemen
700 : Ilmu Kesenian
800 : kesusastraan
900 :
geografi, beografi, dan sejarah
2x0 :
Agama umum
2x1 :
al quran
2x2 :
al hadits
2x3 :
aqidah
2x4 :
ilmu fiqh
2x5 :
akhlak dan tasawuf
2x6 :
sosial & budaya islam
2x7 :
filsafat dan pendidikan islam
2x8 :
aliran dan sekte dalam islam
2x9 :
sejarah dan beografi islam
6.
Jumlah Koleksi Perpustakaan FITK
Perpustakaan
FITK hingga sekarang mempunyai koleksi total titles 15437 total item/ copies : 45384
total item in library : 39598, Textbook : 33424 Reference : 3354 Skripsi : 3174 Fiction : 228 dan Majalah-Jurnal : 193
Daftar koleksi
perpusatakaan, koleksi perpustakaan FITK sebanyak 15437 atau total item/ copies
: 45384 dengan rincian sebagai berikut:
No
|
Simbol
|
Klasifikasi
buku
|
Judul
|
1.
|
000-099
|
Karya umum
|
|
2.
|
100-160
|
Ilmu
filsafat / psikologi
|
|
3.
|
300-370
|
Ilmu
sosial-pendidikan
|
4941
|
4.
|
400-499
|
Bahasa
|
|
5.
|
500-599
|
Ilmu
pengetahuan murni
|
1347
|
6.
|
600-699
|
Ilmu terapan
(teknologi)
|
236
|
7.
|
700-799
|
Kesenian
|
530
|
8
|
800-899
|
Kesusastraan
|
|
9
|
900-999
|
Sejarah, Bibiografi & Geografi
|
|
10
|
2X0
|
Islam Umum
|
258
|
11
|
2X1
|
Al-Qur'an & Ilmu terkait
|
620
|
12
|
2X2
|
Hadist & Ilmu terkait
|
266
|
13
|
2X3
|
Aqoid & Ilmu Kalam
|
242
|
14
|
2X4
|
Fiqh
|
567
|
15
|
2X5
|
Ilmu Akhlak & Ilmu tasawuf
|
384
|
16
|
2X6
|
Sosial & Budaya Islam
|
322
|
17
|
2X7
|
Filsafat & Perkembangan Islam
|
939
|
18
|
2X8
|
Aliran Sekte dalam Islam
|
367
|
19
|
2X9
|
Tarikh Islam & Geografi Tokoh Islam
|
367
|
7.
Prosedur Layanan
Hari Dan Jam Buka
Perpustakaan dibuka setiap hari
dengan ketentuan sebagai berikut:
a). Pagi: senin sd ahad pukul
08.00-11.45
jumat 08.30-11.00
b). istirahat pukul 12.00- 13.00
c). Sore: senin-kamis 13.00-14.45
jumat-sabtu
1300-16.30
Catatan : hari sabtu dan minggu
tutup selama perkuliahan libur
Peminjaman
a. Mahasiswa berhak meminjam 4 exp dengan masa
peminjaman 14 hari dan 1 kali perpanjangan
b. Dosen/Pegawai berhak meminjam 10 exp dengan masa
peminjaman 30 hari dan 1kali
perpanjangan
Dalam pelayanan perpustakaan FITK Walisongo mempunyai kebijakan sebagai
berikut:
Status
|
Lama
|
Jumlah
|
Perpanjang
|
Dosen
|
1 bulan
|
10 eksemplar
|
2 minggu
|
Mahasiswa S.3
|
2 Minggu
|
4 eksemplar
|
1 minggu
|
Mahasiswa S.2
|
2 Minggu
|
4 eksemplar
|
1 minggu
|
Mahasiswa S.1
|
2 Minggu
|
4 eksemplar
|
1 minggu
|
Adapun
prosedur untuk peminjaman sebagai berikut:
1) Mengambil buku di
rak
2) Buku diberi stampel
tanggal kembali serta nomor anggota peminjaman
3) Serahkan buku kepada
petugas untuk diproses sebagai berikut:
a.
klik menu
sirkulasi
b.
scan atau
ketik manual barcode kartu anggota
c.
klik
peminjaman
d.
Scan atau
ketik manual barcode buku yang akan dipinjam
e.
Klik selesai
transaksi, kemudian enter
8.
Kendala yang dihadapi perpustakaan FITK
a.
Tataletaknya
kurang luas untuk ukuran perguruan tinggi
b.
Perlunya
penambahan rak buku karna koleksi bertambah
c.
Kurang adanya
ketegasan dari pihak perpus dan kurang sadarnya mahasiswa terkait peraturan
d.
Beberapa
barcode tidak bisa terbaca mesin scanner sehingga memperlambat proses sirkulasi
e.
Terdapat
layanan fotocopy, akan tetapi seringkali tidak ada pegawai yang menjaga. Hal
itu dikarenakan hanya sedikit yang faham cara penggunaan mesin fotocopy.
Sehingga pelanggan perpustakaan kecewa, dan akhirnya berdampak buruk bagi citra
perpustakaan.
D.
Kegiatan Praktik Perpustakaan
Proses
Kegiatan Praktik
a.
Perencanaan
kegiatan praktik perpustakaan
Perencanaan
merupakan keseluruhan dari proses pemikiran dan penentuan secara matang
terhadap hal yang akan dikerjakan dan ditentukan. Dalam hal ini, perencanaan
diartikan sebagai rencana awal sebelum praktek itu dilaksanakan. Dalam rencana
awal ini adanya pembekalan praktek perpustakaan yang telah dilaksanakan pada
tanggal 30 September 2016 yang bertempat di ruang micro teaching Fakultas Ilmu
Tarbiah dan Keguruan. Dalam pembekalan ini materi yang disampaikan adalah
tentang gambaran umum semua fakultas yang akan menjadi objek praktik kita,
tentang pembagian kelompok dan pembahasan laporan, dibimbing oleh 2 dosen,
yaitu Dr. Fahrurrozi, M.Ag dan Bapak Miswan.
b.
Pelaksanaan
Kegiatan Praktik Pepustakaan
Dalam
pelaksanaan proses kegiatan (praktek) perpustakaan yang telah dilaksanakan di
perpustakaan FITK Walisongo Semarang pada tanggal 03 Oktober -21 Oktober 2016 terlaksana dengan baik. Diawali dengan observasi lokasi praktik perpustakaan dengan kepala
perpustakaan yaitu Bapak Fahrurrozi. Kemudian hari kedua mulai aktif
pelaksanaan praktik perpustakaan.
Tahap awal kami mulai pada bagian sirkulasi karena Bapak Fahrurrozi
mengatakan bahwwa tahap sirkulasi adalah
yang paling penting. Hal itu dikarenakan dalam tahap sirkulasi kita bisa banyak
mengetahui kendala apa saja dalam proses keseharian kegiatan perpustakaan.
Mulai dari komunikasi dengan pelanggan perpustakaan sampai kondisi sarana dan
prasarana perpustakaan. Maka dari itu kegiatan di sirkulasi paling lama kita
lakukan yakni sekitar 14 hari.
Ruang
sirkulasi perpustakaan FITK terdapat dua
buah komputer, satu untuk peminjaman dan satu buah komputer untuk pengembalian. Dalam setiap kegiatan peminjaman dan pengembalian terdapat aturan yang
berbeda. Ketentuan dalam proses peminjaman adalah sebagai berikut:
a. Setiap mahasiswa yang meminjam harus membawa kartu perpustakaan
b. Jumlah buku yang dipinjam maksimal 4 buku (mahasiswa FITK)
c. Jumlah buku yang dipinjam maksimal 6 buku (mahasiswa skripsi)
d. Jumlah buku yang dipinjam maksimal 4 buku (S1, S2, S3)
e. Jumlah buku yang dipinjam maksimal 10 buku (DOSEN)
f. Lama peminjaman adalah 2 minggu
dihitung dari tanggal meminjam
g. Perpanjang peminjaman hanya boleh dilakukan satu kali dengan rentang
waktu dua minggu.
h. Khusus untuk dosen lama peminjaman adalah satu bulan, perpanjang buku
satu kali dengan rentang waktu dua minggu
i.
Keterlambatan
pengembalian buku dikenai sanksi yaitu denda Rp 500,-/buku/hari. Untuk petugas
perpus denda Rp.0,-, denda maksimal yaitu sebesar Rp.500.000,-
j.
Menghilangkan/Merusak
buku dikenai sanksi memperbaiki atau mengganti dengan buku baru
dengan judul yang sama. Jika tidak dapat
menemukan buku dengan judul yang sama, maka langsung menemui kepala
perpustakaan untuk memperoleh kebijakan lain.
Tahap kedua yaitu kegiatan selving atau menata kembali
buku sesuai dengan nomor rak yang telah tersedia dibuku, disini buku dipisahkan
sesuai kalsifikasinya. Kegiatan ini dilakukan untuk memudahkan pengguna dalam
melakukan temu kembali buku tersebut. Petugas selving sendiri juga melakukan
pelayanan kepada peminjam buku apabila belum menemukan buku yang dicarinya.
Kegiatan selving terdapat beberapa petugas yang
menata kembali buku-buku yang sekedar dibaca oleh pengunjung maupun buku yang
kembali. Kegiatan selving disini dilaksanakan ketika perpustakaan tutup
istirahat yaitu waktu dhuhur dan waktu tutup sore jam 15.00 WIB terdapat
petugas yang melakukan piket selving tiap harinya. Dalam
tahap selving kami juga melakukan pemeliharaan buku. Pemeliharaan buku kami
lakukan dengan cara mencari buku-buku yang tidak ada label bukunya atau label
bukunya hilang. Setelah buku-buku terkumpul, kemudian membuat label buku
menurut call number buku tersebut.
Tahap ketiga yaitu melakukan praktik pengadaan buku, stempel buku, scan
cover buku, klasifikasi buku, input buku, labeling, dan selving. Kegiatan
tersebut dilakukan di ruang teknisi. Ruang teknisi memiliki fasilitas 1 kipas
angin, 1 mesin scanner, 3 komputer, 3 meja, dan 2 kursi.
1. Pengadaan Buku
Dalam
kegiatan pengadaan buku ini kami melakukan pengajuan surat permohohan pada
setiap prodi. Surat permohonan tersebut terkait dengan usulan kebutuhan buku
tiap prodi. Dengan batas waktu satu minggu terhitung sejak pemberian surat.
Permohonan usulan buku ini diajukan dengan tujuan agar pihak perpustakaan
mengetahui buku-buku apa saja yang dibutuhkan oleh mahasiswa khususnya fakultas
tarbiyah.
2. Stempel Buku
Setelah
pengadaan buku, kita melakukan stempel buku yaitu di bagian halaman awal, halaman
tengah, halaman belakang dan punggung buku.
3. Scan cover buku
Kemudian
kita melakukan scan cover buku, untuk kebutuhan input buku.
4.
Katalogisasi
dan klasifikasi buku
Kegiatan katalogisasi dan klasifikasi
buku kami lakukan dengan cara menggunakan buku DDC offline maupun online serta
buku klasifikasi yang membantu kami dalam melakukan klasifikasi dan menemukan
no panggil buku tersebut.
5. Input buku
Pada input
buku ini kami melakukannya dengan cara memasukkan data-data yaitu
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image003.jpg)
![](file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image005.jpg)
kegiatan selanjutnya pemberian barcode serta mencetak Label setelah barcode serta label tercetak
setelah itu pemberian stempel pada buku berupa logo serta penempelan
barkode pada buku yang diletakan pada halaman judul serta penempelan no panggil
di punggung buku setelah selesai selanjutnya melakukan input buku, pengelohan
koleksi buku diantaranya membuat deskripsi fisik buku yaitu: Judul, Nama
pengarang, terbitan, edisi, kolasi, subjek, No kelas, No panggil, Catatan, ISBN
dan kata kunci setelah itu deskripsi fisik tersebut dimasukan kedalam komputer
(kegiatan entry buku). Kami melakukan pelestarian buku-buku dengan memberikan
barkode serta no panggil yang sudah hilang maupun yang lepas.
6. Penomoran buku
Sebelum melakukan penomoran buku kami terlebih dahulu memberi stempel
pada tiap-tiap buku. Penomoran buku dilakukan dengan cara menuliskannya pada
kolom stempel yang sudah tersedia di buku halaman awal.
c.
Kendala selama
praktik
Kendala yang
kami hadapi selama praktik yaitu ketika pengklasifikasian dan katalogisasi,
yang seharusnya kami kerjakan selama dua minggu menjadi satu minggu, sehingga
kami gugup. Kendala lainya disaat kami
diminta untuk mengklasifikasikan buku yang baru datang, meskipun kami sudah
menerima teorinya namun dalam praktik kami mengalami kesulitan. dalam kegiatan
klasifikasi buku kami juga dibantu oleh buku DDC serta tajuk kami kesulitan.
Kendala yang kami temukan selama praktik perpustakaan FITK dalam bidang
pengklasifikasian bahan perpustakaan melalui DDC dilakukan oleh perpustakaan
FITK kurang berjalan dengan baik. Karena E-DDC nya kurang sesuai dengan buku
DDC nya. Selanjutnya mengenai rak buku, di perpustakaan FITK sangat
memprihatinkan, dalam penataanya tidak rapi. Karena kurang kesadaran dari
mahasiswa.
Dalam layanan
perpustakaan hanya melakukan pelayanaan
terbuka, tidak ada pelayanaan tertutup. Di perpustakaan FITK, tidak terdapat
ruang referensi. Oleh karena itu, semua buku, kamus, enslikopedi, dan
lain-lain, kecuali skripsi dapat dipinjam selama dua minggu.
7.
Analisis
Kesesuaian Antara Teori Dan Praktik
Pelaksanaan Praktik Perpustakaan yang
dilaksanakan di FITK UIN Walisongo Semarang dengan menggunakan otomasi dapat
berjalan yang baik, dan telah menggunakan prinsip-prinsip manajemen dalam
rangka mencapai tujuan perpustakaan dilingkungan perguruan tinggi dan
menciptakan perpustakaan yang tertata baik. Adapun salah satu tujuannya yang
sudah berjalan dengan baik dalam tujuan tersebut tergambar dengan jelas arah
dan capaian yang di maksudkan dalam penyelenggaraan perpustakaan yang dalam
jangka panjangnya adalah untuk menambah dasar-dasar pengetahuan untuk menjadi
fondasi bagi perkembangan selanjutnya. Dan semua itu mengacu kepada pelaksanaan
pembangunan jangka panjang negara kita yang lebih menitik beratkan kepada
peningkatan kualitas sumber daya manusia.[1] Menurut George R. Terry, fungsi-fungsi manajemen dapat
dibatasi dan dirumuskan: (1) perencanaan (planning), (2)
pengorganisasian (organizing), (3) penggerakkan (actuating), dan
(4) pengawasan (controlling).[2]
Yang biasanya disingkat dengan akronim POAC. Untuk mencapai tujuan yang telah
ditentukan maka kegiatan manajemen di perpustakaan secara garis besar dapat
dilaksanakan bersadarkan fungsi-fungsi manajemen pada umumnya.[3]
Adapun fungsi yang perlu
diterapkan untuk memberikan layanan kepada pengguna dengan maksimal. Pelayanan
perpustakaan yang lansung berupa pemberian pelayanan secara langsung oleh
petugas perpustakaan kepada pengguna. Contoh untuk jenis pelayanan langsung ini
yaitu pelayanan peminjaman bahan atau koleksi perpustakaan.
Adapun kegiatan layanan sirkulasi
yang di terapkan FITK UIN Walisongo Semarang meliputi: pelayanan peminjaman
koleksi bentuk pelayanan ini disebut juga sebagai pelayanan sirkulasi artinya
perputaran koleksi: dipinjam keluar, dikembalikan, dipinjam keluar lagidan
seterusnya. Perputaran koleksi milik perpustakaan yang dipinjamkan kepada
anggota untuk beberapa waktu lamanya. Pada saatnya buku tersebut dikembalikan
ke perpustakaan, inilah yang dinamakan sirkulasi.
Hal-hal yang perlu dipersiapkan
dalam peminjaman koleksi buku adalah:
a.
Perlengkapan
peminjaman: kartu perpustakaan.
b.
Prosedur
peminjaman buku: scan kartu, klik loan, scan barcode, kemudian enter.
c.
Pengembalian
buku atau koleksi: klik sirkulasi, scan kartu, mencocokkan barcode, kemudian
enter.
a)
Peminjaman
Peminjaman
koleksi merupakan salah satu kegiatan dalam sirkulasi. Kegiatan peminjaman
adalah suatu proses pencatatan transaksi yang dilakukan oleh petugas
perpustakaan dengan pengguna pada saat pengguna meminjam koleksi yang berupa
buku atau CD Room. Jangka waktu peminjaman meliputi peminjaman jangka pendek
(harian), peminjaman biasa (mingguan), dan peminjaman jangka panjang (bulanan).
Peminjaman
koleksi di perpustakaan FITK UIN Walisongo Semarang bagi
mahasiswa S1, S2 dan S3 maksimal 4 buku adapun mahasiswa skripsi diperbolehkan
meminjam 6 buku dengan jangka waktu dua minggu, terhitung sejak peminjaman buku
tersebut.
b)
Pengembalian
dan perpanjangan
Kegiatan pengembalian adalah kegiatan pencatatan
buku bahwa pengguna telah mengembalikan koleksi yang dipinjamnya. Kegiatan
perpanjangan adalah kegiatan pencatatan kembali koleksi yang pernah dipinjam
sesuai kurun waktu yang ditentukan. Perpanjangan koleksi biasanya dilakukan dua
kali periode peminjaman.
Kegiatan pengembalian buku di
perpustakaan FITK UIN Walisongo Semarang dilakukan dengan cara
klik sirkulasi, scan kartu, mencocokkan barcode, kemudian enter. Adapun
perpanjangan dilakukan dengan cara scan kartu perpustakaan, cocokkan barcode yang
akan diperpanjang.
c)
Pemberian
sanksi
Pemberian
sanksi perpustakaan diberlakukan bagi pengguna yang mengembalikan koleksi
perpustakaan melewati jatuh tempo tanggal pengembalian. Dengan cara membayar
Rp. 500,-/perharinya. Pemberian sanksi keterlambatan tersebut dicatat dalam
buku denda sehingga pemasukannya jelas dan dapat diketahui siapa saja yang
sanksi dendanya paling banyak.
d)
Membuat
statistik pengunjung dan peminjam
Ada dua model statistik pengguna
perpustakaan, yakni statistik pengunjung dan statistik peminjaman. Statistik
ini perlu dibuat dengan tujuan untuk mengetahui sedikitnya tentang data atau
keterangan sebagai berikut:
1.
Jumlah
pengunjung setiap waktu atau periode tertentu seperti harian, mingguan, bulanan
dan bahkan tahunan.
2.
Jumlah
koleksi yang dipinjam pada suatu saat atau periode tertentu.
3.
Jenis
koleksi yang dipinjam pada suatu saat atau periode tertentu.
Manfaat data peminjaman ini adalah untuk
mengetahui sejauh mana koleksi digunakan oleh pengguna, dalam hal ini jenis
koleksi yang mana yang paling sering dipinjam oleh pengunjung, dan sebaliknya
jenis koleksi mana yang kurang diminati oleh pengunjung. Sehingga ini akan
menjadi bahan pertimbangan pustakawan untuk menambah jenis koleksi.
8.
Penutup
Dalam kegiatan praktik perpustakaan ini
praktikan tidak hanya mendapat ilmu teorinya saja tetapi praktikan juga
mendapat pengalaman yang belum diketahui sebelumnya. Saran yang dapat penulis
sampaikan adalah diharapkan praktik perpustakaan selanjutnya dilaksanakan
dengan waktu yang lebih lama agar pengetahuan dan pengalaman mahasiswa lebih
mendalam mengenai perpustakaan. Di sini kami dapat mengetahui bagaimana dalam
mengelola perpustakaan dari mulai pengadaan buku, sampai akhir bisa di pinjam. Praktikan
selama praktik perpustakaan 8 hari di di sirkulasi dan 7 hari di pengkatalogan
hingga akhir.
[1]Pawit, Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan
Sekolah, Jakarta: Kencana,2010 Hlm 4
[2]Sutarno NS, Manajemen
Perpustakaan: Suatu Pendekatan Praktis, (Jakarta: Sagung Seto, 2006), hlm.
135.
[3]Darmono, Perpustakaan
Sekolah: Pendekatan Aspek Manajemen dan Tata Kerja, (Jakarta: PT Grasindo,
2007), hlm. 25-26.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar